Mahasiswa KKN FISIPKOM UNIDA Siap Bersinergi Kuatkan Potensi Desa Batulayang

Mahasiswa KKN FISIPKOM UNIDA Siap Bersinergi Kuatkan Potensi Desa Batulayang

26 Juli 2023

Mahasiswa Kelompok 1 Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) yang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Desa Batulayang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, selenggarakan kegiatan pembukaan, pada Senin (24/07/2023). Bertempat di Balai Desa Batulayang, kegiatan ini juga sekaligus sebagai penyelarasan program untuk bersama-sama memajukan potensi desa.
 
Dalam kesempatan ini, Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P selaku Dosen Pembimbing Lapangan menyampaikan terima kasih atas penerimaan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Desa Batulayang. Faisal Tri Ramdani, S.Sos., M.A.P mengatakan, Tim KKN FISIPKOM UNIDA siap bersinergi dengan pemerintah setempat untuk memajukan potensi desa.
 
"Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran pimpinan pemerintahan Desa Batulayang yang telah menerima mahasiswa kami untuk melaksanakan program KKN selama 40 hari ke depan. Fokus kami selama KKN nanti akan menitikberatkan pada 4 program, yaitu penguatan UMKM, peningkatan partisipasi masyarakat, wajib belajar 9 tahun, dan pengentasan stunting. Namun ke-4 program tadi nantinya akan diselaraskan sesuai dengan kebutuhan serta kondisi desa," tuturnya.
 
Sementara itu Sekertaris Desa Batulayang Ade Arif Tirtana menyampaikan apresiasi serta harapan bagi program yang nantinya akan dijalankan oleh Mahasiswa KKN FISIPKOM UNIDA.
 
"Saya dan Pak Kepala Desa tertarik dengan program penguatan UMKM, karena kita ketahui bersama bahwa Desa Batulayang ini menjadi perwakilan Bogor di tingkat Provinsi dan Indonesia di tingkat Internasional dalam bidang pariwisata atau Desa Wisata. Kita arahkan para wisatawan untuk menginap di homestay milik warga agar dapat menghidupkan ekonomi sekitar. Untuk lebih mendukung desa wisata, kami juga perlu adanya pelatihan bagi UMKM khususnya dari segi digital marketing agar kedepannya bisa lebih menunjukkan potensi dan kualitas produk asli Desa Bayulayang ke masyarakat luas," ungkapnya.
 
Pada kesempatan yang sama, Firdaus, perwakilan mahasiswa Kelompok 1 KKN FISIPKOM UNIDA mengatakan bahwa kegiatan KKN ini merupakan bentuk berkontribusi nyata mahasiswa dalam memajukan potensi yang ada di Desa Batulayang. Oleh karena itu diharapkan adanya dukungan program yang akan dijalankan selama KKN.
 
"Saya mewakili rekan-rekan mahasiswa lainnya menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah Desa Batulayang dan masyarakat yang telah menerima kami untuk melaksanakan kegiatan KKN 40 hari ke depan, semoga program kami nantinya dapat bermanfaat dan memberikan kebaikan bagi masyarakat Desa Batulayang," ujarnya.