Perkuat Sinergitas, Perpustakaan UNIDA dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Tandatangani Perjanjian Kerja Sama

Perkuat Sinergitas, Perpustakaan UNIDA dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Tandatangani Perjanjian Kerja Sama

23 November 2023

Perpustakaan Universitas Djuanda (UNIDA) melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Perpustakaan Nasional Republik Indoenesia, Ada 59 Perpustakaan perguruan tinggi yang melakukan Kerjasama termasuk MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Nota Kesepahaman ini kelanjutan dari naskah kesepahaman bersama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang telah dilakukan antara Rektor Universitas Djuanda (UNIDA) dengan Perpustakaan Nasional di Hotel Pullman Jakarta pada tanggal 6-7 Maret 2023 Lalu.
 
Perjanjian Kerjasama (PKS) ditandatangani antara Kepala Unit Kerja Eselon II Perpustakaan Nasional dengan Kepala Perpustakaan dari masing-masing perguruan tinggi, Perpustakaan Universitas Djuanda diwakili oleh Kepala Biro Perpustakaan Ruhimat, S.Sos., M.I.Kom. Acara ini bersamaan dengan Konferensi Internasional Perpustakaan Perguruan Tinnggi Indonesia (FPPTI) ke-2, yang dilaksanakan dari tanggal 1-3 November 2023, dengan  tema  “Upscaling Academi Library Resources As A Strategy To Navigate The Post-Pandemic Era, Digital Transformation and Society 5.0 In The Interconnected World.”.
 
Sebelumnya pada tanggal 24-26 Oktober 2023, bertempat di MAI Hotel Jakarta, Perpustakaan UNIDA mengikuti juga acara “Koordinasi dan Advokasi dengan Mitra Jejaring OneSearch di DKI Jakarta”. Adapun latar belakang dari kegiatan ini diharapkan menjadi wahana dari berbagai metadata perpustakaan di Indonesia serta memberikan aspek kebijakan yang mampu mengoptimalkan layanan OneSearch di 5 wilayah potensial yaitu Sumatera Utara, Sulawesi Kalimantan Timur DKI Jakarta. Target yang ingin dicapai dalam kegiatan ini tergabungnya koleksi repository dari 781 lembaga perpustakaan, selain itu kegiatan ini untuk memonitoring perpustakaan yang sudah bergabung dengan OneSearch secara nasional, dan diharapkan kegiatan ini menjadi sistem OneSearch digunakan secara optimal dalam pencarian koleksi langka dapat ditemukan.
 
Indonesia OneSearch atau IOS adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia yang dimiliki Perpustakaan Nasional dan dapat di akses di https://onesearch.id. Perpustakaan Universitas Djuanda koleksi repository dan Online Public Access Catalog (OPAC) telah terindeks OneSearch, selain telah terindeks RAMA kemendikbud https://rama.kemdikbud.go.id/repositories/repodoc/313
Sumber: https://www.unida.ac.id/artikel/perkuat-sinergitas-perpustakaan-unida-dan-perpustakaan-nasional-republik-indonesia-tandatangani-perjanjian-kerja-sama